Senin, 08 Agustus 2016

EMBOLI PARU



EMBOLI PARU (Pulmonary embolism)


1.    Emboli Paru
Emboli paru adalah peristiwa infark jaringan paru akibat tersumbatnya pembuluh darah arteri pulmonalis oleh peristiwa emboli. Keadaan ini dapat memberikan gambaran klinis yang asimpomatik sampai keadaan yang mengancam nyawa berupa hipotensi, shock kardiogenik dan keadaan henti jantung yang tiba-tiba(sudden cardiac death).
Penyebab utama dari emboli paru adalah tromboeli vena, namun demikian penyebab lain dapat berupa emboli udara, emboli lemak, cairan amion, fragmen tumor dan sepsis.

2.    Anatomi (struktur tubuh) yang terganggu akibat emboli paru
Anatomi tubuh yang terganggu adalah arteri pulmonalis dan ventrikel kanan

3.    Fisiologi (fungsi tubuh) yang terganggu akibat emboli paru
Fungsi tubuh yang terganggu adalah arteri pulmonalis dan ventrikel kanan

Fungsi tubuh yang belum terganggu:
·            Arteri pulmonalis berfungsi mengangkut darah yang kaya akan oksigen menuju ke paru-paru dan membawa darah terdeogsigenasi dari ventrikel kanan jantung menuju paru-paru.
·            Ventrikel kanan berfungsi menerima darah dari atrium kanan dan memompanya ke arteri pulmonalis utama.

Fungsi tubuh yang sudah terganggu:
v  Peningkatan arteri pulmonalis yang tiba-tiba akan meningkatkan tekanan ventrikel kanan dengan konsekuensi dilatasi dan disfungsi ventrikel kanan yang pada gilirannya akan menimbulkan septum interventrikuler tertekan ke sisi kiri dengan dampak terjadinya gangguan pengisian ventrikel dan penurunan distensi diastolik.
Peninggian tekanan dinding ventrikel kanan yang diikuti oleh adanya emboli massif akan menurunkan aliran koroner kanan         kebutuhan oksigen ventrikel kanan meningkat             menimbulkan iskemia dan kardiogenik shok.

      

SUMBER :

Nafiah Ali Nst.2007.Emboli Paru.USU Reporsitory [27 April 2015]
Gambar :  http://obatobatan.info/obat-emboli-paru/ [8 Agustus 2016] 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar